just read it!!! jangan bertanya, jangan berfikir, baca, baca saja....

Friday, July 29, 2005

donkar (kegelapan)

KEGELAPAN

Kegelapan menyelimuti Donkar, sebuah desa di tengah benua. Bukan kegelapan biasa, bukan malam gelap tanpa bintang dan purnama , bahkan siang hari pun tetap gelap.

Kegelapan berabad-abad membuat penduduk desa terbiasa dengan gelap. Semua indra mereka menjadi jelas, mata mereka menjadi merah dan bersinar, telinga mereka memanjang dan menciut keatas seerti kelelawar-peka. Keterbiasaan penduduk desa membuatnya terasing dari dunia terang, mereka menjadi buta akan sinar terang, mereka terbiasa dalam kegelapan, kulit mereka menjadi pucat dan berfosfor, mereka berevolusi hingga untuk mengenali satu dengan yang lainnya cukup mengenali cahaya tubuhnya. Meraka berbicara dengan bahasa yang tidak dikenal di dunia terang. Gigi mereka menjadi lebih tajam. Tetapi ada sesuatu yang mereka butuhkan . makanan. Kegelapan membuat mereka memakan apa saja yang bisa dimakan. Jamur beracun, tumbuhan gatal, air kotor, menurut sejarah mereka. Pertama kali meraka sebelum terbisa memakan segala yang bisa makan, suku mereka banyak yang meninggal karenanya. Tetapi evolusi membuat tubuh mereka lebih tahan terhadap segala kemungkinan terburuk.

Donkar adalah desa yang dingin, penduduknya tidak memerlukan api untuk memasak makanan. Atau menghangatkan badan. Kegelapan membuat meraka terbiasa dengan dingin dan tidak membutuhkan api. Dulu ketika kegelapan pertama kali datang. Mereka terkejut, kegelapan membuat dingin seluruh desa Donkar, setiap api yang di nyalakan selalu mati dalam hitungan detik, setiap percikan api yang ada langsung padam. Akhitnya mereka putus asa dan kemudian hidup dalam kedinginan. Saat ini mereka tidak merasakan kedinginan, karena bertahun tahun kegelapan membuat kulit mereka tebal dan membuat meraka berdarah dingin.